POP Bimbingan Konseling SD SMP SMA SMK - BK Madrasah
News Update
Loading...

14 November 2022

POP Bimbingan Konseling SD SMP SMA SMK

POP BK SD SMP SMA SMK merupakan tahapan tahapan kegiatan dalam layanan bimbingan dan konseling (BK) yang akan memudahkan guru BK dalam merencanakan dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah/madrasah.

POP BK ini dimaksudkan untuk memberi arah penyelenggaraan layanan BK dalam implementasi kurikulum 2013. Secara khusus Pedoman penyelenggaran Bimbingan Konseling di sekolah/madrasah ini bertujuan untuk:

  • Memfasilitasi guru BK atau konselor dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan tindak lanjut layanan BK;
  • Memberi acuan dalam mengembangkan program layanan BK secara utuh dan optimal dengan memperhatikan hasil evaluasi dan daya dukung sarana dan prasarana yang dimiliki satuan pendidikan;
  • Memberi acuan dalam monitoring, evaluasi dan supersivi penyelenggaraan BK di sekolah/madrasah.

Bimbingan dan konseling sebagai layanan profesional disekolah/madrasah dilaksanakan oleh tenaga professional (Konselor) atau Guru BK.

POP Bimbingan Konseling SD SMP SMA dan SMK

Konselor adalah tenaga yang berkualifikasi akademik Sarjana Pendidikan (S-1) dalam bidang bimbingan dan konseling dan telah lulus PPG BK/ Konselor.

Sarjana Pendidikan (S-1) dalam bidang bimbingan dan konseling yang dihasilkan oleh LPTK dapat ditugasi sebagai Guru BK untuk menyelenggarakan layanan bimbingan konseling disekolah.

Baca Juga: Buku Pedoman Implementasi BK versi 6 Kurikulum Merdeka Terbaru 2022

Guru BK yang bertugas pada sekolah/madrasah tetapi belum memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi yang ditentukan, dapat secara bertahap ditingkatkan kualifikasi akademik serta kompetensinya, sehingga nantinya dapat mencapai standar yang telah ditentukan dengan mengacu pada Permendiknas No. 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik Guru BK atau Konselor.

Download POP Bimbingan Konseling SD SMP SMA dan SMK


SIlahkan Bapak/Ibu konselor atau Guru BK pada satuan pendidikan untuk mengunduh POP Bimbingan Konseling SD SMP SMA dan SMK sebagai pedoman pemberian layanan bimbingan dan konseling, pada tautan berikut ini:

  • POP Bimbingan dan Konseling Unduh
  • Lampiran 1 - POP Bimbingan Konseling (BK) jenjang SD Unduh
  • Lampiran 2 - POP Bimbingan Konseling (BK) jenjang SMP Unduh
  • Lampiran 3 - POP Bimbingan Konseling (BK) jenjang SMA Unduh
  • Lampiran 4 - POP Bimbingan Konseling (BK) jenjang SMK Unduh

Sekian informasi tentang POP Bimbingan Konseling SD SMP SMA dan SMK, semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done