Panduan Implementasi BK Kurikulum Merdeka versi 6 Tahun 2022 - BK Madrasah
News Update
Loading...

12 November 2022

Panduan Implementasi BK Kurikulum Merdeka versi 6 Tahun 2022

Implementasi layanan BK versi 6 Tahun 2022 yang bersifat komprehensif sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka, yaitu berpusat pada siswa untuk mencapai perkembangan optimal dan kemandirian secara utuh yang meliputi aspek pribadi, belajar, sosial, dan karir.

Oleh karena itu, setiap unsur dalam layanan sudah disertai dengan rencana dan implementasi yang terintegrasi dengan pencapaian profil pelajar Pancasila.

Profil pelajar Pancasila menjadi tujuan jangka panjang dan memayungi keseluruhan layanan bimbingan dan konseling dalam mewujudkan siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat, yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Panduan Implementasi BK Kurikulum Merdeka versi 6 Tahun 2022

Panduan implementasi Bimbingan Konseling versi 6 Tahun 2022 merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh contoh yang dapat memandu guru dan sekolah dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi layanan BK.

Layanan yang dimaksud meliputi layanan dasar, peminatan dan perencanaan individual, responsif, dan menguatkan tumbuhnya sistem, strategi sekolah dalam pencegahan serta penanganan isu penting, termasuk melalui pemberdayaan keluarga, dan mitra sekolah lain.

Panduan versi 6 Tahun 2022 ini merupakan bagian dari panduan pelaksanaan Kurikulum Merdeka, sehingga perlu digunakan bersama dokumen regulasi tentang Kurikulum Merdeka, dan lainnya.

Unduh Panduan Implementasi BK Kurikulum Merdeka versi 6 Tahun 2022


Panduan implementasi BK Kurikulum Merdeka versi 6 Tahun 2022 ini akan terus disempurnakan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai pihak.

Silahkan unduh Panduan Implementasi Bimbingan dan Konseling (BK) Pada Kurikulum Merdeka Disini.

Dalam panduan ini, dijelaskan beberapa hal, antara lain sebagai berikut:

  • Filosofi dan Prinsip Dasar BK dalam Transformasi Kurikulum Merdeka
  • Strategi Implementasi Layanan BK
  • Strategi Kerja Sama Keluarga dan Mitra

Panduan Bimbingan dan Konseling (BK) versi 6 Tahun 2022 merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi dan contoh-contoh yang dapat memandu sekolah dan pendidik, terutama guru BK dalam perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi bimbingan dan konseling.

Panduan ini bersifat umum karena dibuat dengan prinsip bahwa sekolah dan pendidik atau Guru BK adalah pihak yang mengenali dan memahami situasi siswa, dan terus mengembangkan kapasitas untuk membuat keputusan terbaik sesuai perannya secara berkomitmen, mandiri, dan reflektif.

Sebagai bagian dari panduan pelaksanaan Kurikulum Merdeka, panduan ini perlu digunakan bersama panduan lainnya, antara lain:

  • Regulasi tentang Kurikulum Merdeka
  • Panduan Pembelajaran dan Asesmen
  • Panduan Kurikulum Operasional Sekolah
  • Panduan pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila

Demikianlah informasi tentang Panduan Implementasi BK Pada Kurikulum Merdeka Tahun 2022, semoga dapat memberikan guna dan manfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done