Contoh Materi Layanan BK Klasikal Yang Menyenangkan - BK Madrasah
News Update
Loading...

04 January 2023

Contoh Materi Layanan BK Klasikal Yang Menyenangkan

Layanan BK Klasikal yang menyenangkan menjadi harapan bagi seorang guru BK/Konselor, dengan bentuk layanan yang menyenangkan, peserta didik akan dapat menyerap secara maksimal apa yang disampaikan oleh guru BK/Konselor.

Oleh karena itu, contoh materi layanan BK klasikal yang menyenangkan berikut ini dibuat sebagai referensi bagi guru BK dalam menentukan materi/topik bahasan dalam layanan BK secara klasikal.

Peserta didik/konseli adalah subyek utama layanan bimbingan dan konseling di Sekolah/Madrasah. Sebagai subyek layanan, peserta didik/konseli menjadi dasar pertimbangan guru bimbingan dan konseling atau konselor dalam merancang dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah/madrasah.

Contoh Materi Layanan BK Klasikal Yang Menyenangkan
 
Oleh karena itu, pemahaman secara mendalam terhadap karakteristik peserta didik/konseli merupakan prasyarat yang harus dipenuhi sebelum guru bimbingan dan konseling atau konselor melaksanakan kegiatan layanan melalui media maupun layanan langsung.

Layanan Bimbingan Konseling Klasikal Yang Menyenangkan


Bimbingan klasikal adalah kegiatan layanan yang diberikan terhadap peserta didik/konseli dalam kelompok belajar dan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas antara guru bimbingan dan konseling atau konselor dengan peserta didik/konseli.

Sebagai setrategi dari semua jenis layanan Bimbingan klasikal diberikan kepada semua peserta didik/konseli dan kebih bersifat pengembangan, pencegahan, dan pemeliharaan.

Dalam pelaksanaan bimbingan klasikal, guru bimbingan dan konseling atau konselor perlu menyusun RPL dan membuat materi layanan yang menyenangkan serta membuat laporan pelaksanaan bimbingan klasikal.

Baca Juga: Layanan Orientasi Karir Dalam Bimbingan Konseling  

Layanan bimbingan ini bertujuan membantu peserta didik/konseli dapat mencapai kemandirian dalam kehidupannya, perkembangan yang utuh dan optimal dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir, serta mencapai keselarasan antara pikiran, perasaan dan perilaku.

Langkah-Langkah dalam pelaksanaan bimbingan klasikal adalah sebagai berikut:

1) Persiapan
  • Mengajukan jadwal klasikal 2 jam setiap kelas / minggu untuk ditetapkan kepala sesuai kalender akademik.
  • Mempersiapkan topik materi bimbingan klasikal, yang dirumuskan berdasarkan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) (Ditjen PMPTK, 2007), Asesmen AUM atau DCM, dan instrumen lain yang relevan.
  • Menyusun rencana materi, pelaksanaan layanan bimbingan sesuai format RPL.
  • Mendokumentasikan Materi dan RPL bimbingan yang akan diberikan.

2) Pelaksanaan
  • Melaksanakan layanan sesuai jadwal dan tema materi yang telah dirancang.
  • Mendokumentasikan RPL bimbingan yang telah diberikan
  • Mencatat kejadian dan atau hal-hal yang perlu perbaikan dan atau tindak lanjut

3) Evaluasi dan tindak lanjut
  • Melakukan evaluasi proses pelaksanaan layanan bimbingan
  • Melakukan evaluasi hasil layanan.

Contoh Materi Layanan BK Klasikal


Pendekatan, teknik dan strategi dalam pelaksanaan bimbingan harus mempertimbangkan karakteristik peserta didik. Sebab itu teknik dan strategi layanan yang dipilih harus sesuai dengan karakteristik peserta didik, alhasil sangat mempengaruhi keberhasilan proses dan hasil layanan.

Baca Juga: Panduan Layanan BK Jenjang SMA/MA dan SMK/MAK Terbaru

Materi dalam layanan klasikal harus di sesuaikan dengan hasil asesmen dan usia perkembangan peserta didik yang fokus pada upaya mengembangkan potensi-potensi positif individu dalam mencapai cita citanya

Semua peserta didik/konseli berhak mendapatkan layanan bimbingan klasikal dengan begitu potensinya berkembang dan teraktualisasi secara positif tanpa mengabaikan layanan-layanan yang berorientasi pada pencegahan timbulnya masalah (preventif) dan pengentasan masalah (kuratif).

Baca Juga: Contoh Rencana Aksi Layanan BK di Sekolah

Materi materi yang di sampaikan dalam layanan klasikan harus bersifat menyenagkan dan dinamis serta memberikan pemahaman yang cepat terhadapat peserta didik dengan begitu dapat memberikan manfaat pemahaman serta pegembangan potensi, motivasi dengan begitu peserta didik dapat memahami karakter kepribadiannya

Materi-materi tersebut dapat bertema I Love Bimbinmgan & Konseling, Merencanakan Masa Depan, Meraih Masa Depan, Osis Dan Extrakurikuler, Remaja Hebat Bermartabat, Perkembagan Remaja, Remaja Generasi Penerus Bangsa, Kecerdasan Emosi, Adversity Question, Spiritual Question. Silahkan unduh contoh PPT materi bimbingan klasikal disini.

Demikianlah informasi terkait Materi Bimbingan Dan Konseling (BK) Yang Menyenangkan semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done