RPL BK Kurikulum Merdeka SMA/MA Terbaru - BK Madrasah
News Update
Loading...

03 September 2022

RPL BK Kurikulum Merdeka SMA/MA Terbaru

RPL BK adalah singkat dari Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling. RPL BK Kurikulum Merdeka disusun oleh Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dengan mengacu pada capaian pembelajaran BK yang telah ditetapkan.

Kurikulum merdeka merupakan paradigma baru dalam dunia pendidikan yang mulai di terapkan di sekolah/madrasah piloting. RPL BK Kurikulum merdeka menjadi sangat penting untuk dimiliki guru BK yang bernaung di sekolah/madrasah yang menjadi piloting Kurikulum Merdeka ini.

RPL BK Kurikulum merdeka berikut ini adalah contoh rencana layanan Bimbingan dan Konseling yang dapat dikembangkan kembali serta disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan peserta didik.

RPL BK Kurikulum Merdeka SMA/MA Terbaru 2022
RPL BK Kurikulum Merdeka SMA/MA Terbaru 2022

Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam kurikulum merdeka memiliki peran yang sangat penting, Guru BK memiliki tanggung jawab yang sangat besar salah satunya adalah berkolaborasi dengan guru mata pelajaran dan orang tua siswa dalam mengarahkan peserta didik memilih peminatan mata pelajaran di kelas XI (sebelas).

Hal tersebut juga yang membedakan kurikulum merdeka dengan kurikulum 2013, yakni tidak adanya peminatan di kelas X (sepuluh). DIsinilah letak pentingnya peran guru BK untuk melakukan identifikasi minat bakat peserta didik, sehingga dapat menentukan peminatan yang tepat sesuai minat bakatnya serta untuk studi lanjutnya.

Selengkapnya silahkan baca: Format Analisis Minat Bakat Siswa Oleh Guru BK dalam Kurikulum Merdeka.

Nah, berikut ini adalah contoh RPL BK Kurikulum Merdeka SMA/MA Terbaru 2022, silahkan unduh dan dijadikan referensi dalam menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL).

Download RPL BK Kurikulum Merdeka SMA/MA Terbaru 2022


RPL merupakan istilah yang digunakan oleh guru BK, namun memiliki fungsi dan bentuk yang sama sebagaimana rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Silahkan unduh RPL BK Kurikulum Merdeka SMA/MA Terbaru 2022 dalam tautan berikut ini:

Download Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka

Itulah contoh RPL BK Kurikulum Merdeka SMA/MA Terbaru 2022, semoga dapat membantu guru Bimbingan dan Konseling dalam menyusun dan membuat perencanaan layanan BK pada jenjang SMA/MA.
Semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done