Alur Capaian Layanan BK Dalam Kurikulum Merdeka - BK Madrasah
News Update
Loading...

24 August 2022

Alur Capaian Layanan BK Dalam Kurikulum Merdeka

Alur Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Kurikulum Merdeka merupakan penerus dari proses peningkatan kualitas pembelajaran yang telah diinisiasi kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Pada kurikulum merdeka ini tercakup tujuan pembelajaran secara umum yang akan dicapai pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkai sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga akan membangun kompetensi yang utuh yang dinyatakan sebagai Capaian Pembelajaran (CP).

Dalam layanan bimbingan dan konseling tujuan pencapaian kompetensi ini ini disebut Capaian Layanan (CL) yang dikembangkan dari SKKPD.

Alur Capaian Layanan BK Dalam Kurikulum Merdeka
Alur Capaian Layanan BK Dalam Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran disusun dalam fase E dan F sehingga peserta didik memiliki kesempatan untuk belajar sesuai dengan tingkat pencapaian, kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajarnya.

Muatan atau konten dikurangi agar peserta didik memiliki waktu yang memadai untuk menguasai kompetensi yang ditargetkan.

Tabel Alur Capaian Layanan BK Dalam Kurikulum Merdeka


Berikut ini adalah tabel Alur Capaian Layanan BK Dalam Kurikulum Merdeka yang mengacu pada Buku Model Layanan BK Kurikulum Merdeka pada jenjang SMA/MA yang diterbitkan oleh Kemdikbud RI.

No. Aspek Perkembangan Fase E (SMA Kelas X) Fase F (MA Kelas XI dan XII
1 Landasan Hidup Religius Melaksanakan berbagai bentuk dan tata cara ibadah sehari-hari atas dasar keyakinan yang dimiliki secara konsisten. Melaksanakan berbagai bentuk dan tata cara ibadah sehari-hari atas dasar keyakinan yang dimiliki secara konsisten disertai sikap toleransi.
2. Landasan Perilaku Etis Berperilaku berdasarkan keragaman sumber norma dan aspek etis dalam kehidupan sehari-hari. Berperilaku atas dasar keputusan yang mengintegrasikan keragaman norma dan aspek etis dalam kehidupan sehari-hari.
3. Kematangan Emosi Mengembangkan ragam ekspresi perasaan diri sendiri secara bebas dan terbuka tanpa menimbulkan konflik Menyesuaikan ekspresi perasaan diri dan orang lain secara tepat untuk menyelesaikan konflik
4. Kematangan Intelektual Mengembangkan ragam alternatif pengambilan keputusan dan pengentasan masalah secara objektif menggunakan konsep ilmu pengetahuan dan perilaku belajar Mengembangkan ragam alternatif pengambilan keputusan dan pengentasan masalah secara objektif menggunakan konsep ilmu pengetahuan dan perilaku belajar beserta konsekuensinya.
5. Kesadaran Tanggung jawab Berinteraksi secara harmonis dengan orang lain sesuai hak dan kewajiban Menunjukan kesamaan (equality) dan/atau kesetaraan (equity) dalam berinteraksi dengan orang lain sesuai hak dan kewajiban
6. Kesadaran Gender Menunjukkan kolaborasi secara harmonis dengan lain jenis sesuai peran sosial. Mendesain bentuk kolaborasi secara harmonis dengan lain jenis dalam keberagaman peran sosial.
7. Pengembangan Pribadi Berperilaku secara tepat sesuai dengan kemampuan dan keunikan diri dalam lingkungan sosial yang lebih luas. Mengelola dan Mengembangkan kemampuan dan keunikan diri yang dimiliki dalam lingkungan sosial yang lebih luas.
8. Perilaku Kewirausahaan/ Kemandirian Perilaku Ekonomis Mempraktekkan nilai-nilai hidup hemat, ulet, kompetitif, dan kolaboratif untuk mencapai hidup mandiri. Berperilaku hemat, ulet, kompetitif, kompetitif, dan kolaboratif sesuai dengan karakteristik wirausaha, atas dasar kesadaran diri.
9. Wawasan Kesiapan Karir Mengembangkan alternatif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, nilai-nilai, persyaratan, peluang dan ragam pendidikan lanjutan. Menentukan alternatif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, nilai-nilai, persyaratan, peluang dan ragam pendidikan lanjutan.

Itulah tadi Alur Capaian Layanan BK Dalam Kurikulum Merdeka sebagai pedoman dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) Bimbingan dan Konseling (BK) bagi guru Bk yang bertugas pada madrasah yang telah ditetapkan menjadi pelaksana Kurikulum Merdeka.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done