Model Layanan BK Kurikulum Merdeka di SMP/MTs - BK Madrasah
News Update
Loading...

12 December 2022

Model Layanan BK Kurikulum Merdeka di SMP/MTs

Model inspiratif layanan BK jenjang SMP/MTs ini merupakan panduan untuk Guru Bimbingan dan Konseling/konselor di Sekolah/Madrasah dalam menyusun program Bimbingan dan Konseling.

Selain itu, Model Layanan BK Kurikulum Merdeka di SMP/MTs diharapkan dapat menjadi pedoman untuk melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah/Madrasah.

Model Layanan BK Kurikulum Merdeka di SMP/MTs ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Pada bagian perencanaan, Guru BK/konselor menyusun program Bimbingan dan Konseling atas dasar hasil dari asesmen kebutuhan siswa/konseli.

Penyusunan program Bimbingan dan Konseling disampaikan kepada kepala Sekolah/Madrasah dan dewan guru sebagai bentuk membangun kerjasama dan menciptakan dukungan sistem yang kondusif di Sekolah/Madrasah.

Model Layanan BK Kurikulum Merdeka di SMP/MTs
Model Layanan BK Kurikulum Merdeka di SMP/MTs

Pelaksanaan program dalam bentuk alternatif-alternatif kegiatan yang akan menginspirasi Guru Bimbingan dan Konseling/konselor dalam menyusun kegiatan layanan BK di Sekolah/Madrasah.

Model Layanan BK Kurikulum Merdeka di SMP/MTs diselenggarakan untuk memfasilitasi perkembangan siswa/konseli agar mampu mengaktualisasikan potensi dirinya atau mencapai perkembangan secara optimal.

Fasilitasi dimaksudkan sebagai upaya guru BK dalam rangka memperlancar proses perkembangan siswa/konseli, karena secara kodrati setiap anak berpotensi tumbuh dan berkembang untuk mencapai kemandirian secara maksimal.

Kegiatan layanan dilaksanakan oleh Guru BK/konselor di SMP secara sistematis, logis, objektif, berkelanjutan dan terprogram.

Kegiatan-kegiatan ini untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik pada jenjang SMP/MTs dalam mencapai tugas perkembangan kemandirian yang maksimal.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam Model Layanan BK Kurikulum Merdeka di SMP/MTs mengacu pada Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling.

Download Panduan Model Layanan BK Kurikulum Merdeka di SMP/MTs


Silahkan bagi Bapak/Ibu guru BK di jenjang SMP/MTs untuk mengunduh panduan Model Layanan BK Kurikulum Merdeka di SMP/MTs disini: Unduh File.

Baca Juga: Unduh Model Layanan BK Kurikulum Merdeka Jenjang MI/SD

Model Layanan BK Kurikulum Merdeka di SMP/MTs ini diharapkan dapat memberikan alternatif kegiatan Layanan BK di Sekolah/madrasah. Sehingga layanan BK SMP/MTs dapat terlaksana dengan baik.

Siswa dapat mencapai tugas perkembangan sesuai dengan kebutuhan dalam rangka menyongsong abad 21 dalam konteks Indonesia.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done