Panduan Pemilihan Mata Pelajaran SMA/MA Kurikulum Merdeka - BK Madrasah
News Update
Loading...

14 December 2022

Panduan Pemilihan Mata Pelajaran SMA/MA Kurikulum Merdeka

Dalam kaitannya dengan pemilihan mata pelajaran pilihan yang berpusat dan berpihak pada peserta didik perlu adanya panduan bagi guru BK pada tingkat sekolah/madrasah di jenjang SMA/MA dan sederajat.

Panduan ini dapat dijadikan inspirasi dalam penyelenggaraan pemilihan mata pelajaran pilihan yang selanjutnya sekolah/madrasah dapat memfasilitasi proses pembelajaran siswa sehingga mampu untuk mengembangkan minat, bakat, kompetensi dan karakter siswak secara maksimal.

Panduan Pemilihan Mata Pelajaran SMA/MA
Panduan Pemilihan Mata Pelajaran SMA/MA

Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang dapat memandu guru BK dan Sekolah/Madrasah dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan tindak lanjut dalam penyelenggaraan Pemilihan Mapel sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka menyediakan ruang agar minat, bakat, dan kemampuan peserta didik dapat berkembang secara optimal, sekaligus menjadi dasar dalam memberikan layanan pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), dan kegiatan ekstrakurikuler.


Dengan adanya keleluasaan untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya, siswa diharapkan dapat bertanggung jawab pada pilihannya.

Keleluasaan memilih mata pelajaran pilihan di sini juga diharapkan akan membuat siswa untuk semakin terampil dalam mengoptimalkan potensi diri yang dimiliki dan dapat menyelesaikan setiap capaian pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran pilihan yang dipilihnya.

Panduan Pemilihan Mata Pelajaran SMA/MA Kurikulum Merdeka


Download Panduan Pemilihan Mata Pelajaran pada Kurikulum Merdeka untuk jenjang SMA/MA /Sederajat yang telah direvisi berikut ini: Unduh File.


Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan sekiranya dapat memberikan inspirasi dan gambaran bagi sekolah dan gutu Bimbingan dan Konseling (BK) dalam penyelenggaraan pemilihan mata pelajaran pilihan dengan baik dan semaksimal mungkin.

Sekolah/madrasah diharapkan dapat memfasilitasi pengembangan minat, bakat, dan kemampuan siswa sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.

Dalam pelaksanaan pemilihan mata pelajaran pilihan, diharapkan sekolah/madrasah tidak hanya terpaku pada contoh-contoh yang didapat dari panduan ini saja, tetapi juga dapat melakukan adaptasi dan pengembangan sesuai dengan asesmen kebutuhan, kesiapan, serta situasi dan kondisi yang khas di sekolah/madrasah.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done