Model Layanan BK Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI - BK Madrasah
News Update
Loading...

12 December 2022

Model Layanan BK Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI

Model Layanan BK Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI merupakan bentuk fasilitas peserta didik/konseli agar dapat mencapai perkembangan diri secara optimal, terlebih pada usia SD/MI merupakan fase puncak anak belajar untuk mengembangkan kepribadian serta kemampuan kognitif anak.

Model Layanan BK di SD/MI ini bertujuan untuk menjadi dasar pengembangan layanan Bimbingan dan Konseling yang dapat menjadi inspirasi layanan yang akan dilaksanakan oleh guru BK.

Model ini merupakan model layanan BK yang dapat mencapai capaian hasil belajar siswa secara holistik, baik dari segi kompetensi kognitif maupun nonkognitif dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka.

Model Layanan BK Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI
Model Layanan BK Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI

Eksistensi BK dapat dilihat dari irisan Capaian Layanan Bimbingan Konseling dengan upaya mewujudkan kesejahteraan hidup (wellbeing), profil pelajar Pancasila (P5) dan penguatan pendidikan karakter siswa.

Model Layanan BK Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI ini secara umum bertujuan memberikan inspirasi pada sekolah/madrasah dalam mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling di jenjang SD/MI.

Sedangkan secara khusus, Model Layanan BK Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI bertujuan:

  • Memberikan panduan bagi guru BK di sekolah/madrasah reguler serta pendidikan khusus.
  • Meningkatkan kemampuan guru BK di sekolah/madrasah dalam upayanya untuk mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling serta memahami perkembangan siswa.

Download Panduan Layanan BK Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI


Berikut adalah model layanan Bimbingan dan Konseling (BK) kurikulum merdeka jenjang SD/MI yang dapat dijadikan pedoman serta referensi dalam perencanaan dan impolementasi layanan BK kurikulum merdeka.

Baca Juga: Contoh Dokumen Rencana Aksi Layanan Bimbingan Konseling

Silahkan unduh Panduan Layanan BK Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI yang admin bkmadrasah.com sediakan pada tautan berikut ini: Unduh File.

Pemerintah melalui Pusat Kurikulum dan Perbukuan, BP3 Kemdikbudristek berupaya menguatkan peran Layanan Bimbingan Konseling (BK) yang dijabarkan dalam bentuk Model Layanan BK Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI yang dilaksanakan di sekolah/madrasah.

Dengan harapan bahwa melalui Model Layanan BK Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI, siswa mampu mengaktualisasikan diri dan menceriminkan profil pelajar Pancasila seutuhnya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done