Panduan Layanan BK SMA/MAK Kurikulum Merdeka - BK Madrasah
News Update
Loading...

15 December 2022

Panduan Layanan BK SMA/MAK Kurikulum Merdeka

Layanan Bimbingan dan Konseling pada jenjang SML/MAK merupakan kegiatan yang terintegrasi di sekolah/madrasah dalam rangka mengupayakan memfasilitasi perkembangan siswa.

Kegiatan layanan Bimbingan dan Konseling dilaksanakan secara sistematis, logis, objektif, berkelanjutan dan terprogram yang dilakukan oleh Guru BK untuk mencapai tugas perkembangan kemandirian siswa yang maksimal.

Sebagai kegiatan yang terintegrasi, pemberian layanan Bimbingan dan Konseling dilaksanakan untuk mengembangkan potensi diri siswa dalam membentuk karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Panduan Layanan BK Kurikulum Merdeka pada SMA/MAK
Panduan Layanan BK pada SMA/MAK

Kegiatan yang dilaksanakan dalam layanan Bimbingan dan Konseling mengacu kepada Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling. Rancangan kegiatan layanan BK disusun oleh guru BK berdasarkan pada asesmen kebutuhan siswa dan dengan mengupayakan berkolaborasi dengan guru mata pelajaran, wali kelas dan personil sekolah lainnya sehingga pelaksanaannya dapat terintegrasi dalam kurikulum yang berlaku di sekolah/madrasah.

Layanan Bimbingan dan Konseling di SMK bertujuan agar peserta didik mencapai tugas perkembangan yang terdapat pada Capaian Layanan BK. Secara khusus layanan Bimbingan dan Konseling di SMK mengupayakan agar siswa dapat memiliki keputusan karir apakah akan berwirausaha, bekerja, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Pemberian layanan Bimbingan dan Konseling selama masa sekolah diharapkan dapat memberikan gambaran kepada siswa mengenai bakat dan minat serta kemampuan potensi dirinya sehingga secara ajeg dapat memilih keputusan karir yang sesuai dengan kondisi dirinya.

Pelaksanaan Bimbingan Konseling menggunakan paradigma perkembangan individu dan menekankan pada upaya mengembangkan potensi-potensi positif individu. Semua siswa/konseli berhak mendapatkan layanan BK agar potensinya berkembang dan teraktualisasi secara positif.

Paradigma perkembangan dalam BK juga berorientasi pada pencegahan terjadinya hambatan dalam mencapai tugas perkembangan dan pengentasan hambatan pencapaian tugas perkembangan.

Capaian Layanan BK di SMK mengacu pada tugas perkembangan peserta didik SMK pada tahapan perkembangan remaja madya. Tugas perkembangan adalah serangkaian tugas yang harus diselesaikan siswa pada tahapan/fase perkembangan tertentu.

Download Panduan Layanan BK Kurikulum Merdeka pada SMA/MAK


Tugas perkembangan bersumber dari kematangan fisik, kematangan psikis, tuntutan masyarakat atau budaya dan nilai-nilai serta aspirasi individu.

Keberhasilan siswa menyelesaikan tugas perkembangan pada tahapan perkembangan tertentu dapat membuat mereka memiliki perasaan sebagai individu yang kompeten, bahagia dan memiliki modal prasyarat bagi pencapaian tugas-tugas perkembangan pada fase berikutnya.

Baca Juga: Petunjuk Pemilihan Mata Pelajaran pada Jenjang SMA/MA

Sebaliknya, kegagalan siswa dalam menuntaskan tugas perkembangan pada tahapan perkembangan tertentu dapat memunculkan rasa tidak bahagia, potensi penolakan sosial dan kesulitan untuk mencapai tugas perkembangan pada fase selanjutnya.

Oleh karena itu, tugas perkembangan harus dipahami oleh guru BK/konselor karena pencapaian tugas perkembangan merupakan tujuan layanan BK.

Silahkan download Panduan Layanan BK Kurikulum Merdeka pada SMA/MAK melalui tautan berikut: Unduh File

Sekian informasi tentang Panduan Layanan BK Kurikulum Merdeka pada SMA/MAK, semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done