Aplikasi SIAP-BK Kurikulum Merdeka Terbaru 2023 - BK Madrasah
News Update
Loading...

01 September 2023

Aplikasi SIAP-BK Kurikulum Merdeka Terbaru 2023

Aplikasi SIAP-BK Kurikulum Merdeka Terbaru 2023 merupakan pengembangan dari Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pelayanan Bimbingan Konseling versi 2.5 yang telah diluncurkan sebelumnya.

SIAP-BK terus dikembangkan untuk dapat membantu guru Bimbingan Konseling (BK) dalam mengelola layanan yang diberikan kepada peserta didik. Salah satu aspek pengembangan tersebut yakni menyesuaikan dengan implementasi kurikum merdeka saat ini.

Sehingga pengembang terus berupaya untuk dapat memberikan layanan terbaik kepada guru BK dengan menghadirkan Aplikasi SIAP-BK versi Kurikulum Merdeka yang secara resmi mulai diterbitkan pada tahun 2023 ini.


Kurikulum merdeka sendiri mulai di implementasikan di madrasah seiiring dengan diterbitkannya Keputusan Menteri Agama (KMA) 347 Tahun 2022 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah.

Baca Juga: Aplikasi SIAP-BK 2022 versi 2.5 Terbaru

Pasca pandemic covid-19, pendidikan di Indonesia mengalami penurunan dalam segala aspek, sehingga pemerintah memandang perlunya kurikulum untuk memulihkan pendidikan di Indonesia pasca pandemic covid-19 ini.

Sehingga lahirlah Kurikulum Merdeka sebagai upaya pemerintah dalam pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka atau sebelumnya disebut kurikulum prototipe dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, serta kompetensi siswa.

Baca Juga: Panduan Penggunaan Aplikasi SIAP-BK

Oleh karena itu, guru Bimbingan dan Konseling (BK) di madrasah yang mulai menerapkan merdeka belajar, perlu untuk menggunakan Aplikasi SIAP-BK 2023 dengan versi kurikulum merdeka ini untuk mempermudah guru dalam mengelola administasi layanan BK kepada peserta didik.

Fitur Aplikasi SIAP-BK Kurikulum Merdeka Terbaru 2023


Sesuai dengan namanya, aplikasi SIAP-BK Kurikulum Merdeka Terbaru 2023 hadir dengan fitur-fitur yang dimutakhirkan untuk membantu serta memudahkan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka dalam layanannya di madrasahnya.

Lalu, apa saja kemudahan dalam Aplikasi SIAP-BK versi Kurikulum Merdeka? Terdapat beberapa fitur yang didapatkan oleh pengguna SIAP-BK 2023 ini, yaitu:

  • Data Peserta Didik Berbasis Asesmen Berdiferisiansi Format Excel,
  • Rekap Layanan Pada Setiap Peserta Didik
  • Layanan melalui Media Sosial
  • Diregristrasi sesuai Madrasah Masing Masing
Sebagai upaya peningkatan layanan kepada pengguna Aplikasi SIAP-BK, kini penggunaan aplikasi SIAP-BK versi Merdeka dapat dipergunakan oleh setiap guru BK dengan sistem berbayar. Sehingga nantinya setiap madrasah yang menggunakan aplikasi SIAP-BK versi Merdeka 2023 ini akan mendapatkan aplikasi yang disesuaikan dengan madrasah dalam hal KOP Surat, Nama Madrasah, dan lain sebagainya.

Sehingga diharapkan dengan diterapkannya sistem berbayar ini, dapat mendukung pengembang untuk memberikan layanan optimal serta menjadikan aplikasi SIAP-BK menjadi lebih baik sehingga dapat mendukung kinerja guru Bimbingan Konseling di Madrasah yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Share with your friends

2 comments

  1. Permisi, cara dowonloadnya ini bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di artikel sudah tersedia tombol untuk chat admin dan pemesanan aplikasi SIAP-BK versi Kurmer

      Delete

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done