Aplikasi Supervisi Guru Bimbingan Dan Konseling (Super-BK) - BK Madrasah
News Update
Loading...

28 September 2023

Aplikasi Supervisi Guru Bimbingan Dan Konseling (Super-BK)

Melalui Ditjen Pendis, Kemenag telah menerbitkan Kepdirjen Pendis Nomor 1843 Tahun 2021 tentang petunjuk teknis penilaian kinerja guru (PKG) madrasah.

Bagi guru yang berstatus ASN, Penilaian Kinerja Guru (PKG) menjadi salah satu syarat peningkatan karier jabatan sebagai guru profesional. Sedangkan dijelaskan dalam Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009, bahwa Penilaian Kinerja Guru (PKG) merupakan penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.

Aplikasi Supervisi Guru Bimbingan Dan Konseling (Super-BK)

Oleh karena itu, PKG menjadi salah satu instrument untuk memperoleh informasi tentang kinerja guru untuk mewujudkan guru yang professional.

Hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Asesmen Kinerja Guru (AKG) dapat dimanfaatkan untuk menyusun profil (rapor) guru sebagai input dalam penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Guru BK yang menjadi garda terdepan dalam mendukung dan mengupayakan agar peserta didik dapat menempuh pendidikan sesuai dengan bakat minatnya, maka guru BK harus dapat peningkatan karier jabatan secara profesional salah satunya dengan penilaian kinerja guru (PKG) jabatan guru sebagai guru profesional.

Baca Juga: Aplikasi SIAP-BK versi Kurikulum Merdeka Terbaru 2023

Sebagaimana KMA 890 tahun 2019, Volume Kegiatan Pelayanan Guru BK yaitu 18 s.d 24 jam pembelajaran per minggu. Kegiatan layanan atau pendukung Bimbingan Konseling (BK) ekuivalen dengan 2 JTM. Dalam hal ini kegiatan guru BK tiap minggu adalah penyelenggaraan minimal berupa 9 (Sembilan) kali kegiatan layanan dan/ atau pendukung.

Kegiatan pelayanan BK, baik berupa layanan maupun pendukung, yang diselengarakan di dalam maupun di luar jam pembelajaran dalam satu minggu di hitung ekuivalensinya dengan jam pembelajaran mingguan. Sesuai dalam implementasi kurikulum 2013 Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Baca Juga: Aplikasi SIAP-BK Versi Terbaru

Aplikasi Super-BK (Supervisi Guru Bimbingan dan Konseling) di rancang berdasarkan Panduan Operasioanal Penyelengaraan Bimbingan Dan Konseling (POP BK) dan kebutuhan super visi kepala madrasah terhadap guru BK madrasah, aplikasai ini memuat berbai bukti adminstrasi peyelengaraan pelayanan guru BK madrasah terhadap peserta didik yang berisi semua bukti kegiatan layanan. Dalam SUPER – BK memuat:

  • Perencanaan program bimbingan dan konseling yang terdiri dari 12 komponen
  • Pelaksanaan program BK yang terdiri dari 22 komponen
  • Evaluasi pelaporan dan tidak lanjut yang terdiri dalam 12 komp[onen
  • Himpunan data yang terdiri dari 6 komponen

Download Aplikasi Supervisi Guru Bimbingan Dan Konseling (Super-BK)


Aplikasi Supervisi Guru Bimbingan dan Konseling (Super-BK) di rancang untuk membantu kepala madrasah dalam mensuper visi guru bimbingan dan konseling sesuai dengan tugas Kepala Madrasah yang memiliki fungsi perencanaan, pengelolaan, supervisi dan evaluasi. yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 24 Tahun 2018 tentang Perubahan PMA Nomor 58 Tahun 2017.

Dengan adanya aplikasi SUPER- BK ini diharapkan kepala madrasah dapat dengan mudah memahami dan memberikan pembinaan guru BK sehingga guru BK dan kepala madrasah dapat selalu berkolaborasi untuk membantu peserta didik dalam mencapai tugas perkembangannya dengan optimal sebagai pribadi, berahlaq sesuai dengan visi misi madrasah.

Silahkan Unduh Aplikasi Supervisi Guru Bimbingan Dan Konseling (Super-BK) dalam tautan berikut ini: Unduh File.

Demikianlah informasi tentang Aplikasi Supervisi Guru Bimbingan Dan Konseling (Super-BK), semoga dapat memberikan guna dan manfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done