Juknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023 - BK Madrasah
News Update
Loading...

28 October 2023

Juknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023

Asesmen Bakat Minat (ABM) merupakan tes yang mengukur potensi siswa yang dirancang untuk memprediksi kemampuan pada bakat di bidang-bidang khusus dan minat berdasarkan ketertarikannya.

Hasil Asesmen Bakat Minat (ABM) diharapkan dapat memberikan gambaran kepada peserta didik dan guru BK pada bidang keahlian yang tepat sehingga menimbulkan motivasi serta kenyamanan dalam proses pembelajaran di sekolah/madrasah.

Aspek yang diukur dalam Asesmen Bakat Minat (ABM) adalah kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa serta dilengkapi dengan Tes Minat.

Prosedur pengembangan butir soal Asesmen Bakat Minat (ABM) sudah terstandar sehingga menghasilkan soal-soal yang valid dan terkalibrasi. Melalui soal yang terkalibrasi tersebut, hasil tes dari beberapa subtes, waktu, dan paket yang berbeda akan dapat dibandingkan.

Juknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023

Tes bakat dirancang untuk memprediksi keberhasilan peserta didik pada jurusan yang dikehendaki. Akurasi prediksi keberhasilan peserta didik pada jenjang/kelas yang lebih tinggi dapat terlihat berdasarkan hasil tes.

Tes minat dan bakat dirancang untuk mengetahui ketertarikan siswa pada bidang-bidang tertentu. Penggunaan tes prestasi, tes bakat, dan tes minat secara bersama akan memberikan gambaran kemampuan siswa secara lebih komprehensif.

Salah satu langkah yang dilakukan BPPP dalam membantu satuan pendidikan untuk mengetahui gambaran bakat dan minat peserta didik adalah melalui pelayanan Asesmen Bakat Minat (ABM).

Sedangkan tujuan pelayanan ABM di sekolah/madrasah untuk memberikan informasi ke satuan pendidikan mengenai potensi peserta didik pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya.

Selain itu, Asesmen Bakat Minat (ABM) juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan peserta didik jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

Unduh Juknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023


Pelayanan ABM dilaksanakan pada tingkat XII jenjang pendidikan SMA/SMK/MA di seluruh provinsi melalui tes berbasis komputer (CBT) secara full online.

Layanan Asesmen Bakat Minat (ABM) tidak bersifat wajib, sekolah/madrasah yang memiliki infrastruktur memadai dapat mengikuti layanan ini. Keikutsertaan layanan Asesmen Bakat Minat (ABM) bagi siswa tidak bersifat wajib, hanya untuk yang berminat dan tidak memiliki hambatan bahasa dan membaca.

Peserta dan satuan pendidikan yang mengikuti layanan Asesmen Bakat Minat (ABM) ini tidak dipungut biaya. Secara lengkap silahkan unduh Juknis Asesmen Bakat Minat (ABM) dalam tautan berikut ini: Unduh File.

Sekian informasi tentang Juknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023, semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done