Ketentuan dan Jadwal SPAN-PTKIN Tahun 2024 - BK Madrasah
News Update
Loading...

21 January 2024

Ketentuan dan Jadwal SPAN-PTKIN Tahun 2024

Jadwal SPAN PTKIN 2024 akan segera dimulai pada 22 Januari sampai dengan 02 April 2024 dimulai dengan pengisian dan verifikasi PDSS 2024 pada 22 Januari s.d 24 Februari 2024.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh 59 Perguruan Tinggi harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Jadwal SPAN-PTKIN Tahun 2024

Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah jenjang MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi berdasarkan rekomendasi dari Kepala satuan pendidikan.

peserta didik yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi melalui SPAN-PTKIN.

Ketentuan Umum SPAN-PTKIN 2024


SPAN-PTKIN adalah seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai raport dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.

Satuan Pendidikan yang berhak mendaftarkan peserta didiknya dalam SPAN-PTKIN adalah sekolah/madrasah tingkat MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

Peserta didik yang berhak mengikuti seleksi adalah peserta didik yang didaftarkan oleh Kepala Satuan Pendidikan tingkat MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah masing-masing.

Persyaratan Siswa Pelamar SPAN-PTKIN 2024


Persyaratan peserta didik yang akan mengikuti Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2024 adalah sebagai berikut:
  • Peserta didik jenjang MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah kelas terakhir pada tahun 2024.
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PTKIN.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  • Peserta didik Memiliki nilai rapor Kelas X/Semester 1, Kelas X/Semester 2, Kelas XI/Semester 1, Kelas XI/Semester 2 dan Kelas XII/Semester 1 yang telah diisikan di PDSS.

Jadwal SPAN-PTKIN Tahun 2024


Jadwal pelaksanaan kegiatan SPAN-PTKIN 2024 dilaksanakan mulai 22 Januari s.d 02 April 2024, berikut adalah jadwal rinci Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2024:

  • Pengisian PDSS: 22 Januari s.d 5 Februari 2024
  • Verifikasi PDSS: 22 Januari s.d 5 Februari 2024
  • Pendaftaran (peserta didik): 12 Februari s.d 15 Maret 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 02 April 2024
  • Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang: ditetapkan di masing-masing PTKIN

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done