MA Matholi’ul Anwar Lamongan: Madrasah Terus Juara, Juara Terus - BK Madrasah
News Update
Loading...

24 December 2021

MA Matholi’ul Anwar Lamongan: Madrasah Terus Juara, Juara Terus

MA Matholi’ul Anwar Lamongan: Terus Juara, Juara Terus
MA Matholi’ul Anwar Lamongan: Terus Juara, Juara Terus
bkmadrasah.com - Kabar gembira jelang penutup tahun 2021 kembali datang dari Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Karanggeneng Lamongan yang familier dipanggil MA MAWAR. Sekali lagi prestasi diukir oleh siswa-siswi madrasah tersebut, walau di masa pandemi covid-19.

Di tengah masa sulit sekarang, keadaan bolehlah saja berbeda, namun semangat, antusias dan iklim untuk mengasah potensi diri siswa siswinya selalu dijaga dan semakin membara setiap waktu.

Rupanya, pandemi tidak menjadi penghalang bagi MA Matholi’ul Anwar Lamongan untuk terus meraih prestasi. Kembali lagi siswa siswi Madrasah tersebut mengukir prestasinya. Menjadi juara umum dalam event Porseni Madrasah Aliyah Kemenag Lamongan tahun ini, merupakan pencapaian yang gemilang.

Beberapa siswa siswi berhasil menyabet emas dan dipercaya untuk mewakili kota Lamongan berkompetisi ditingkat Provinsi, setelah beberapa waktu yang lalu mereka yang dikirim ke tingkat Kabupaten berlaga melawan siswa siswi dari lembaga lain di tingkat Kecamatan. Sungguh merupakan usaha yang patut diapresiasi.

MA Matholi’ul Anwar Lamongan memang merupakan Madrasah yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Madrasah ini berhasil mengantarkan siswa siswinya menorehkan banyak prestasi hingga tingkat nasional dalam berbagai bidang baik akademik maupun non akademik.

Diantaranya juara dalam bidang Karya Ilmiah Remaja (KIR), sains, essay, baca kitab kuning, Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), sosiologi, Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ), banjari dan masih banyak lagi.

Sebagai Madrasah yang berbasis pesantren dan merupakan lembaga swasta, MA Matholi’ul Anwar Lamongan selalu memberi ruang keleluasaan dan dukungan penuh bagi siswa-siswinya yang mengikuti berbagai lomba. Hal ini dikarenakan semua potensi dan minat mereka dibidang akademik maupun non akademik harus dikenali, difasilitasi dan dikembangkan, serta dihargai melalui berbagai kegiatan yang dapat memberikan mereka ruang berkreasi dan pengalaman berharga.

Sudah menjadi branding yang dibentuk oleh MA Matholi’ul Anwar ( MA MAWAR) Lamongan, yaitu madrasah yang berkarakter juara, religius dan berdaya saing, dengan semboyan madrasah terus juara, juara terus.

Prestasi yang diukir MA Matholi’ul Anwar Lamongan tentu saja merupakan buah dari kerja keras siswa siswi, dukungan dari orang tua, guru Bimbingan dan Konseling serta semua Stick Holder MA Matholi’ul Anwar Lamongan.

“Kami patut berbangga, anak-anak MA MAWAR tidak kehilangan orientasi untuk berprestasi walau kita masih dimasa pandemi. Terbukti madrasah kami berhasil menjadi juara umum dalam Porseni Aliyah tingkat Kabupaten dan juga beberapa prestasi hinga tingkat nasional masih dapat kami peroleh di tahun ini”, ujar H.Fatkhur, S.Pd. selaku kepala madrasah MA MAWAR.

“Tahun-tahun sebelumnya juga alhamdulillah madrasah kami juga sering sekali memenangkan lomba. Sampai-sampai kami itu bingung mau menaruh pialanya anak-anak itu dimana. 4 Almari besar sampai tidak muat (tertawa senang)”, lanjut H. Fatkhur. 10/12/2021

Pencapaian madrasah ini diperoleh bukan hanya sekedar mampu beradaptasi karena pandemi, akan tetapi lebih pada kemampuan melampauinya lebih baik, dan siswa siswi madrasah MA Matholi’ul Anwar Lamongan membuktikannya.

Tentu saja kerjasama yang baik untuk melakukan pembinaan secara konsisten antara sekolah dan orangtua menjadi hal penting yang harus diperhatikan agar siswa siswi tetap produktif dan berprestasi dengan memberikan perhatian sama untuk semua potensi bakat dan prestasi siswa siswi di semua lini kecerdasan.

Menjadi madrasah yang berkarakter juara, religius dan berdaya saing, MA Matholi’ul Anwar Lamongan misalnya saja di kepenulisan yaitu KIR, KTI dan essay juga banyak menorehkan prestasi. Walau dalam masa pandemi tidak menyurutkan madrasah ini terus berprestasi di tiga bidang tersebut.

“Untuk menumbuhkembangkan Karya Tulis Remaja (KIR) dalam bentuk penuangan ide kreatif dan gagasan yang orisinil dan implementatif serta visioner dengan mencari solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat menjadi tujuan kami membina anak-anak kami dalam bidang kepenulisan,” jelas Muhammad Yusuf, S.E. selaku pembina KIR MA MAWAR.

Ia kembali menegaskan, “Alhamdulillah, tahun 2021 ini kami berhasil mengantar siswa siswi kami menjuarai 10 kompetisi tingkat nasional di bidang KIR, KTI dan essay. Harapan saya ke depan kami bisa mengantar anak anak kami hingga kancah internasional.”

Kemampuan bapak Yusuf sebagai pembina KIR di MA Matholi’ul Anwar Lamongan memang patut mendapat acungan jempol. Beliau merupakan salah satu guru berprestasi yang sering mangantarkan siswa siswi menorehkan prestasinya hingga tingkat nasional. “Prestasi yang diukir MA Matholi’ul Anwar Lamongan juga tidaklah lepas dari peran guru Bimbingan dan Konseling ”, imbuh Muhammad Yusuf, S.E. 19/12/2021

Setiap siswa siswi memiliki keistimewaannya sendiri, bahwa yang hebat itu tidak hanya yang menguasai dibidang sains saja, tetapi juga yang memiliki talenta di bidang soshum dan banyak hal lainnya yang betul-betul tidak pernah sebelumnya dibayangkan karena pengaruh kemajuan teknologi informasi saat ini.

“Sangat penting sekali guru Bimbingan dan Konseling ada di sekolah, karena sifatnya multifungsi, menilik perannya yang banyak untuk perkembangan peserta didik di sekolah. Guru BK itu membersamai, membimbing dan mendampingi peserta didik, dan memandang prestasi anak-anak tidak hanya dari sudut pandang yang sempit saja, tapi lebih holistik dan bijak”, kata Mufidatul Munawaroh, S.Psi., M.Psi. guru Bimbingan dan Konseling MA MAWAR.

Ibu Mufida menambahkan, "Ini amanat dari konstitusi kita untuk melayani peserta didik sesuai dengan talenta dan potensinya agar berkembang. Lebih dalam lagi, prestasi itu merupakan puncak pencapaian aktualisasi diri peserta didik MA MAWAR untuk belajar memainkan perannya agar membawa kebermanfaatan bagi diri, keluarga, dan lingkungannya serta bangsa dan negaranya".

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa "Sudah menjadi kewajiban sekolah dan saya selaku guru Bimbingan dan Konseling membina, mendampingi, menyemangati dan membersamai agar peserta didik itu menyadari potensinya, mengasahnya, melejitkannya, menjadi bekal hidupnya, dan juga dapat merayakan manfaatnya," tutup Mufida.18/12.2021

Sesuai dengan semboyan MA Matholi’ul Anwar (MA MAWAR) Lamongan yaitu madrasah terus juara, juara terus. Semoga terus istiqamah memberikan yang terbaik dimasa masa mendatang.

Kontributor: Mufida Munawwaroh
Editor: M. Lutvi Asy'ari

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done