MTsN 1 Malang Kembali Raih Juara Nasional Pada Ajang MYRES 2021 - BK Madrasah
News Update
Loading...

11 December 2021

MTsN 1 Malang Kembali Raih Juara Nasional Pada Ajang MYRES 2021

MTsN 1 Malang kembali meraih juara nasional di bidang karya ilmiah, tahun ini Team Research MTsN 1 Malang menjadi juara di ajang bergengsi yang digelar Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag), yaitu Madrasah Young Researchers (MYRES) di bidang Matematikan Sains, dan Teknologi (MST) Tahun 2021.

Siswa kelas 9 ini adalah Qonita Hafidzoh Azzahra dan Nur Fatihah Ainiyah yang tergabung dalam team Antikangker dari ekstrak teripang.

Proses penelitian cukup panjang, pada bulan Juli proses pembuatan proposal dan penelitiannya dimulai pada bulan September hingga Oktober . Total peserta yang mengumpulkan proposal sejumlah 7700 se Indonesia. 3 proposal dari MTsN 1 Malang berhasil lolosk di babak 50 besar.

Lalu, berhasil meloloskan 1 tim di babak 15 besar yaitu tim Antikanker dari ekstrak teripang. Selanjutnya pada tanggal 5 November Tim Antikangker mempresentasikan hasil yang telah dicapai dihadapan tim juri secara daring. Hingga diperoleh hasil lolos pada 6 besar yang di gelar di Shangri La Hotel Surabaya pada tanggal 4-6 Desember 2021.


Grand Final merupakan penilaian memlalui expo dan penampilan tim ketika mempresentasikan penelitiannya pada pengunjung dan juri. Pada Grand Final ini Tim Antikangker mengenakan baju daerah Jawa Timur dengan dominasi warna hijau. Hadir juga dalam Grand Final ini diantaranya Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI Prof. Dr. H. Moh. Isom, M.Ag; Dirjen Pendis Kemenag RI Prof. Dr. H Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T,; Kakanwil Provinsi seluruh Indonesia; Jajaran Pimpinan Kemenag; juri dari berbagai bidang serta 36 Tim Yang berasal dari Sabang sampai Merauke


Peran Guru Bimbingan dan Konseling


Proses panjang penelitian dan kerja tim yang luar biasa, komitmen siswa dan dukungan dari pembimbing membuahkan hasil yang mengembirakan dengan diperolehnya Juara 1 bidang MST (Matematikan Sains, dan Teknologi) MYRES 2021. Secara profesional peran guru Bimbingan Konseling sebagai salah satu pendamping memberikan motivasi secara sistematik dan memberikan teknik self help kepada peserta didik ketika mengalami kecemasan persiapan lomba.

Sebagai guru Bimbingan dan Konseling MTsN 1 Malang Ninik Trimaya. S. Pd. secara teratur membimbing peserta didik tentang teknik presentasi sehingga mendapatkan prestasi tersebut.

Apresiasi luar biasa Kepala Madrasah MTsN 1 Malang, Drs. H. Nasrulloh, M.Pd.I “Alhamdulillah, tim MYRES kita terus meningkat prestasinya dari tahun ke tahun. Semoga komitmen siswa, bimbingan para mentor serta guru pendamping bisa mengoptimalkan prestasi yang akan datang.

Apalagi sudah banyak yang menawarkan pada anak-anak ini untuk masuk sekolah ke tingkat selanjutnya lewat jalur khusus,” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Malang ikut menyambut kedatangan Tim Antikangker dalam sambutannya beliau menyampaikan “Alhamdullilah, anak anak dibawah dukungan Madrasah bisa terus ,mengoptimalkan potensinya prestasi yang diraih merupakan hal yang membanggakan semoga tahun depan ada prestasi prestasi di berbagai bidang karena jika potensi siswa tidak didukung oleh pembimbing dan lembaga maka potensi itu belum tentu bisa berkembang. Selamat MTsN 1 Malang dan selamat pada Tim MYRES 2021.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done