5 Pilihan Setalah Lulus Jenjang SMA/MA/SMK - BK Madrasah
News Update
Loading...

19 January 2022

5 Pilihan Setalah Lulus Jenjang SMA/MA/SMK

Madrasah Aliyah MA atau SMA atau SMK adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah atas, yang kurikulumnya di desain bagaimana peserta didik dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.
Lulus SMA Mau Kemana?
Lulusan Madrasah Aliyah MA atau SMA atau SMK didesain untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi umum, kedinasan, agama Islam, Politeknik dan perguruan tinggi lainnya

Saat yang di tunggu tungu setelah 3 tahun berkutat dengan buku dan berbagai tugas akhirnya sampai, lulus, Lulus Madrasah Aliyah MA atau SMA atau SMK, Waooo, tapi mau kemana setelah lulus? jangan sampai salah memilih diantara 5 pilihan berikut:

5 Pilihan Setelah Lulus MA, SMA, SMK.


1. Kuliah


Jika niat setelah Lulus Madrasah Aliyah MA atau SMA atau SMK ingin melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi, maka pertahankan niat itu. Jika niat sudah tertata kuat dalam diri maka banyak jalan ke Roma.

Persiapkan jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi financial, selalu cari informasi terbaru tentang perkembangan perguruan tinggi sehingga dapat mengikuti perkembangan perguruan tinggi dan dapat memilih perguruan tinggi favorit sesuai dengan potensi dan cita cita

2. Khursus


Ini merupakan pilihan alternative ketika kamu tidak dapat lolos mengejar PTN atau jurusan yang kamu inginkan, sambil mempersiapkan diri dan mempelajari lebih banyak tentang PTN atau jurusan yang ingin diambil, maka dapat memanfaatkan waktu luang ini dengan membangung modal yang akan sangat berguna jika nanti keterima di kuliah dan berhadapan dengan masyarakan, yaitu khursus bahasa Inggris

3. Kerja


Jika setelah Lulus Madrasah Aliyah MA atau SMA atau SMK memilih untuk kerja, maka pilihlah jenis pekerjaan yang sesuai dengan potensi kemampuan . Untuk lowongan pekerjaan lulusan Lulus Madrasah Aliyah MA atau SMA atau SMK memang lingkupnya sangat terbatas, itupun masih dibutuhkan ketrampilan tambahan seperti harus menguasai computer.

Jenis pekerjaan bagi lulusan lulus Madrasah Aliyah MA atau SMA atau SMK ini memang tidak bisa pilih-pilih dan bergaji paspasan, dengan semakin majunya perkembangan zaman maka specifikasi yang dibutuhkan dalam jenis pekerjaan juga semakin tinggi.

Sebagai contoh untuk pekerjaan Office Boy atau Cleaning Service saat ini yang dibutuhkan ijazah S-1.

4. Menikah


Kayaknya enak ya setelah Lulus Madrasah Aliyah MA atau SMA atau SMK langsung nikah. Tapi sebetulnya pilihan ini juga bukan idaman dari para siswa setelah Lulus Madrasah Aliyah MA atau SMA atau SMK.

Pilihan nikah setelah Lulus Madrasah Aliyah MA atau SMA atau SMK juga kemungkinan karena terpaksa dengan alasan yang mirip alasan nganggur, daripada nganngur mendingan nikah.

Dibeberapa daerah di Indonesia khususnya di kampung-kampung masih ada kebiasaan khususnya para gadis, setelah Lulus Madrasah Aliyah MA atau SMA atau SMK langsung nikah atau nunggu nikah.

5. Menganggur


Menganggur setelah Lulus Madrasah Aliyah MA atau SMA atau SMK mungkin bukanlah pilihan yang diidamkan tapi kemungkinan karena terpaksa.

Yah terpaksa nganggur karena tidak lulus masuk perguruan tinggi, atau biaya masuk perguruan tinggi belum cukup, atau memberikan kesempatan kepada adik-adik yang masih membutuhkan biaya sekolah, atau mempunyai alasan lainnya.

Yang jelas pilihan menganggur kayaknya bukan idaman setiap siswa tapi karena terpaksa.

Itulah 5 pilihan setelah Lulus Madrasah Aliyah MA atau SMA atau SMK silakan di pilih sesuai degan potensi dan kondisi masing masing, semoga dapat bermanfaat. Che.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done