9 Tips Dalam Memilih Perguruan Tinggi - BK Madrasah
News Update
Loading...

28 July 2022

9 Tips Dalam Memilih Perguruan Tinggi

bkmadrasah.com - Tempat menimba ilmu akan memengaruhi sebagian besar kehidupan sosial dan profesional kita di masa depan. Jadi, kita jangan salah menentukan keputusan mengenai institusi pendidikan yang tepat.

Perguruan Tinggi Favorit adalah Perguruan Tinggi yang mempunyai mutu atau kualitas yang tetap dipertahankan dan terus ditingkatkan dengan biaya yang bisa terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dengan suasana kuliah yang nyaman dan tenteram,

Perguruan Tinggi Favorit sanggup mengadakan terobosan terhadap perkembangan di masyarakat dan berguna bagi masyarakat nusa dan bangsa baik secara kelembagaan maupun secara output mahasiswanya, sehingga menjadi favorit dan dicintai masyarakat.

9 Tips Dalam Memilih Perguruan Tinggi
9 Tips Dalam Memilih Perguruan Tinggi

9 Tips Dalam Memilih Perguruan Tinggi


Untuk memilih kampus atau perguruan tinggi setelah menyelesaikan jenjang SMA/MA, perhatikan 9 Tips Dalam Memilih Perguruan Tinggi berikut ini:

1. Status Akreditasi


Akreditasi adalah status terhadap Perguruan Tinggi berdasarkan penilaian berbagai aspek. Di Indonesia yang memiliki wewenang penuh dalam akriditasi perguruan tinggi di setiap jurusannya adalah BAN-PT Status Akreditasi Perguruan Tinggi adalah NA, C, B, A. Status Akreditasi Perguruan Tinggi yang tertinggi adalah A.

2. Kegiatan Akademis dan Non-Akademis


Ketika memilih universitas, ingatlah satu hal bahwa kuliah tak cuma soal kegiatan akademis. Perhatikan pengalaman mahasiswa di suatu universitas.

Seperti menemukan tempat mengembangkan diri yang sesuai dengan minat , pastikan sesuai dengan harapan.

Jika tidak menyukai lingkungan atau budaya akademis di tempat tersebut, maka berpikirlah ulang karena tempat itu merupakan tempat akan berada 3-4 tahun ke depan.

Fasilitas akademis dan non-akademis yang ditawarkan juga perlu diperhatikan. Ada universitas dengan fasilitas akomodasi, akademis, dan hiburan yang berada di satu area.

3. Reputasi


Saat ini di Indonesia banyak sekali Perguruan Tinggi negeri dan swasta, jumlahnya mencapai ribuan. Dengan banyaknya Perguruan Tinggi ini, maka harus melihat reputasi dari Perguruan Tinggi tersebut.

Faktor usia Perguruan Tinggi juga mempengaruhi, karena semakin tua Perguruan Tinggi tersebut tentunya Reputasinya di masyarakat semakin baik dan sudah semakin di kenal orang.

Begitu juga para alumninya, dimanapun dia berkiprah baik di pemerintahan maupun di swasta, selalu membawa kebaikan sehingga Perguruan Tinggi tersebut menjadi Perguruan Tinggi Favorit Indonesia.

4. Jarak Dari Tempat Tinggal


Ini sering diabaikan dalam memilih sebuah universitas. Ketika berniat untuk kuliah memang harus total. Kuliah bukan hanyak mengembangkan kemampuan kognitif dan mencari gelar saja namun juga proses untuk membentuk kematangan berpikir dan belajar untuk mandiri.

Pilihan yang tepat adalah tempat yang membuat kita lebih mandiri dan tidak tergantung oleh orang tua lagi. Di mana tempat itu sesuai dengan karater dan potensi.

Jika memiliki karakter suka tantangan maka carilah tempat kuliah yang banyak tantangannya seperti Jakarta dan Surabaya, namun jika lebih suka tempat yang damai dan lurus - lurus saja ada seperti Yokyakarta dan Malang.

Ingat, biaya hidup sehari-hari di luar ongkos tentu akan lebih besar daripada tinggal di rumah orangtua. Namun, jangan khawatir, kampus-kampus selalu menyediakan beasiswa untuk meringankan beban mahasiswa yang berprestasi.

5. Durasi Studi


Masukkan durasi studi sebagai pertimbangan dalam memilih universitas yang dituju lulus dalam tiga atau empat tahun? Itu akan membuat mempersiapkan diri sejak awal berkuliah.

Setiap universitas juga memiliki batas maksimal durasi yang berbeda bagi mahasiswanya untuk menyelesaikan studi. Setiap jurusan juga memiliki kecenderungan durasi kelulusan yang berbeda.

Pertimbangkan hal ini sejak awal memilih dengan banyak bertanya. Banyak universitas yang menawarkan studi akselerasi.

Gelar sarjana bisa diambil hanya dalam waktu 3 tahun. Bahkan, sejumlah univer-sitas di Eropa ada yang menawarkan program S-1 untuk ditempuh selama 2 tahun saja. Keuntungannya, bisa menghemat biaya hidup selama kuliah, cepat lulus, dan sangat berpeluang memperoleh pekerjaan terlebih dahulu.

Namun, jalur ini membuat kita kehilangan waktu untuk mengembangkan konsep, ide, ketertarikan, dan kehidupan sosial di masa-masa usia kuliah.

6. Kenali Dengan Baik


Jangan asal universitas negeri atau jangan asal kuliah. Jika memutuskan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, cobalah untuk melakukan riset kecil-kecilan mengenai universitas yang dituju.

Jangan sekadar percaya dengan situs web perguruan tinggi tersebut atau rekomendasi-rekomendasi. datang langsung dan sering sering lah minta bimbingan Bapak/ Ibu Guru Bimbingan Konseling.

7. Program Pendidikan


Ikuti program-program dan tugas bimbingan yang diberikan oleh Guru Bimbingan Konseling dan jangan malu-malu bertanya pada senior atau teman yang lebih dulu berkuliah di universitas tersebut.

8. Mutu Dosen


Yang perlu diperhatikan juga adalah kualitas dari tenaga pengajar (Dosen) Perguruan Tinggi tersebut, terutama Dosen Tetap. Tenaga pengajar (Dosen) harus sesuai bidang ilmu keahliannya.

Suatu Perguruan Tinggi Terbaik adalah Perguruan Tinggi yang selalu meningkatkan kualitas keilmuannya.Berapa banyak Professor dan Doktornya sudah cukupkah kuantitasnya dengan rasioanlisasi mahasiswanya?

9. Fasilitas Belajar


Perguruan Tinggi Terbaik tentunya mempunyai fasilitas belajar yang memadai, mulai dari kampus yang terpadu, gedung kuliah yang layak, sarana perpustakaan yang cukup dan fasilitas laboratorium yang memadai.

Suasana belajar tenang, lingkungan kampus yang aman dan tenteram. Ruangan kuliah yang memadai artinya jumlah mahasiswa yang belajar seimbang dengan ruang kuliah.

Baca Juga: 5 Strategi Masuk PTN Favorit Jalur SNMPTN 2021

Itulah Sejumlah Point Tips Memilih Kampus Yang Cocok , Awas Jangan Salah Memilih.
semoga dapat bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done