Instrumen Pemetaan Minat Bakat Peserta Didik dengan Metode RIASEC - BK Madrasah
News Update
Loading...

08 December 2022

Instrumen Pemetaan Minat Bakat Peserta Didik dengan Metode RIASEC

Instrumen Pemetaan Minat Bakat Peserta Didik dengan Metode RIASEC ini mengacu pada Buku Panduan Implementasi Bimbingan Konseling pada Kurikulum Merdeka yang diterbaitkan oleh Kemdikbud RI pada 2022.

Pemetaan Minat dan Bakat peserta didik dilaksanakan oleh Guru BK pada jenjang Madrasah Aliyah (MA) untuk mempersiapkan peserta didik memilih mata pelajaran peminataan dalam kurikulum merdeka.

Sangat penting untuk dapat mengetahui bakat dan minat siswa agar tidak keliru dalam menentukan peminatan mata pelajarannya. Minat dan bakat dapat dikatakan ‘sesuai’ apabila kemampuan dan minat kesenangan peserta didik bersatu.

Instrumen Pemetaan Minat Bakat Peserta Didik dengan Metode RIASEC
Instrumen Pemetaan Minat Bakat Metode RIASEC

Guru BK juga perlu memahami jenis keterampilan peserta didik yang sesuai dengan kemampuan bakat dan minatnya. Oleh karena itu, sangat perlu bagi guru BK untuk melaksanakan Pemetaan Minat Bakat Peserta Didik salah satunya menggunakan metode RIASEC.

Metode RIASEC merupakan kepanjangan dari Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, dan Conventional.

1. Realistic

Siswa yang tergolong kategori Realistic umumnya terampil secara mekanik dan/atau pekerjaan yang mengutamakan keterampilan fisik, dan kekuatan otot.

2. Investigative

Siswa yang tergolong kategori kategori Investigative cenderung memiliki ketertarikan/minat untuk mengobservasi, belajar, menganalisis dan memecahkan masalah.

3. Artistic

Siswa yang tergolong kategori kategori Artistic memiliki minat bekerja pada situasi-situasi yang tidak terstruktur, dimana mereka dapat dengan leluasa memanfaatkan kreativitas mereka.

4. Social

Siswa yang tergolong kategori Social memiliki minat bekerja dengan individu lain dibandingkan dengan peralatan.

Baca Juga: Panduan Implementasi BK Kurikulum Merdeka Revisi 2022

5. Enterprising


Siswa yang tergolong kategori Enterprising memiliki minat bekerja dengan individu lain, serta mempersuasi orang lain dan tampil di muka umum.

6. Conventional

Siswa yang tergolong kategori Conventional memiliki minat terhadap hal-hal yang mendetail, terorganisir, dan berkaitan dengan data.

Panduan Pengisian Instrumen Pemetaan Minat Bakat Peserta Didik dengan Metode RIASEC


Dalam Instrumen pemetaan minat bakat metode RIASEC terdapat kolom yang harus di isi oleh peserta didik dan nantinya disimpulkan oleh Guru BK menggunakan rumus RIASEC.

Baca Juga: Contoh Rencana Aksi Layanan Bimbingan dan Konseling

Berikut ini adalah Panduan Pengisian Instrumen Pemetaan Minat Bakat Peserta Didik dengan Metode RIASEC.

  1. Siswa mengisi kuesioner bagian A, ingatkan untuk menekankan bahwa hal-hal ini adalah hal yang mereka “suka”, bukan mereka “bisa” (yang akan ditanyakan di bagian B).
  2. Jumlah kotak yang dicentang sesuai kolomnya yaitu 1=R, 2=I, 3=A, 4=S, 5=E, dan 6=C.
  3. Ketahui 3 poin yang terbesar berada pada tipe yang mana, dan cek pada tabel untuk minat/bakat dan profesi yang sesuai

Download Instrumen Pemetaan Minat Bakat Peserta Didik dengan Metode RIASEC


Bagi Bapak/Ibu guru BK jenjang MA yang akan melaksanakan pemetaan minat dan bakat peserta didik sebagai bagian dalam implementasi kurikulum merdeka, RIASEC dapat menjadi salah satu metode yang dapat diperguanakan sebagai opsi metode pemetaan.

Silahkan unduh Instrumen Pemetaan Minat Bakat Peserta Didik dengan Metode RIASEC disini: Unduh File.

Demikianlah informasi tentang Instrumen Pemetaan Minat Bakat Peserta Didik dengan Metode RIASEC, semoga dapat bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done