Contoh Rencana Aksi Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) - BK Madrasah
News Update
Loading...

07 December 2022

Contoh Rencana Aksi Layanan Bimbingan dan Konseling (BK)

Sekolah melalui guru BK atau Kepala Sekolah membuat pemetaan kebutuhan. Hasil dari Pemetaan tersebut dapat bersumber dari angket, survei, maupun wawancara dan ajuan dari wali kelas atau guru lainnya.

Dari hasil pemetaan tersebut nantinya digunakan untuk menyusun program kerja layanan Bimbingan dan Konseling (BK) selama satu tahun Pelajaran.

Dalam implementasi program kerja, Guru BK perlu berkoordinasi dengan wali kelas, guru mata pelajaran, dan pendidik lainnya.

Contoh Rencana Aksi Layanan Bimbingan dan Konseling (BK)
Contoh Rencana Aksi Layanan Bimbingan dan Konseling (BK)

Program kerja dapat meliputi Observasi rutin I, Pemetaan kebutuhan kelas peserta didik, Pemetaan kebutuhan kelas orang tua, Pembekalan tentang pubertas (diselaraskan dengan program untuk peserta didik), Seminar I (topik dari hasil pemetaan).

Dari hasil Observasi rutin tersebut dapat dilakukan tindak lanjut atas hasil observasi rutin I misalnya saja Kelas orang tua: pengenalan profesi (dilaksanakan pada minggu kedua dan keempat setiap bulan), Kelas pembekalan (dengan topik sesuai pemetaan), Penyebaran angket tentang bakat dan minat peserta didik, Analisis hasil angket, Pelaksanaan konseling berdasarkan hasil analisis angket.

Baca Juga: Download Contoh Angket Pemilihan Minat Mata Pelajaran

Selanjutnya dilaksanakan observasi rutin III, dan mengecek tindak lanjut observasi rutin II terkait topik hasil pemetaan, opsional, dan begitu seterusnya hingga persiapan untuk komunikasi akhir tahun pelajaran.

Download Contoh Rencana Aksi Layanan Bimbingan dan Konseling (BK)


Berikut ini adalah Contoh Rencana Aksi Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) yang dapat dipergunakan oleh Guru Bimbingan konseling untuk merumuskan dan menyusun program kerja Bimbingan Konseling dalam implementasi Kurikulum Merdea.

Baca Juga: Unduh Program Bimbingan Konseling Terbaru 2022

Silahkan unduh Contoh Rencana Aksi Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) disini: Unduh File.

Demikianlah informasi tentang Contoh Rencana Aksi Layanan Bimbingan dan Konseling (BK), semoga dapat memberikan guna dan manfaat.
bkmadrasah

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done