Saatnya Ta'aruf Agar Jadi Ma’ruf - BK Madrasah
News Update
Loading...

12 November 2023

Saatnya Ta'aruf Agar Jadi Ma’ruf

Apa aitu Matsama ? Matsama (Masa Ta'aruf Peserta didik Madrasah) menjadi wahana sosialisasi ciri khas pendidikan madrasah, moderasi beragama dan pendidikan anti kekerasan bagi peserta didik baru. Maka wajar bila bagi peserta didik baru tentu diperlukan pengenalan lingkungan pendidikan yang baru melalui serangkaian kegiatan. inilah Saatnya Ta'aruf Agar Jadi Ma’ruf

Masa Ta‟aruf Peserta didik Madrasah biasany diadakan dengan durasi waktu selama 3 hari. Sasaran Matsama sendiri adalah peserta didik baru. Mengapa demikian? Namanya juga peserta didik baru, pasti belum banyak tahu tentang seluk-beluk lingkungan madrasah tempat belajar mereka yang baru.


Matsama (Masa Ta'aruf Peserta didik Madrasah), adalah kegiatan pengenalan lingkungan dan budaya madrasah pada awal tahun ajaran baru. Pengenalan itu meliputi kegiatan rutin madrasah, fasilitas, nilai dan norma yang berlaku, pengenalan organisasi, karakter, moderasi beragama, budaya, serta sistem pembelajaran. Kegiatan Matsama sebelumnya lebih dikenal dengan MOS (Masa Orientasi Peserta didik).

Tujuan Matsama.


  1. Mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus madrasah kepada para peserta didik baru, agar selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman dalam mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuan.
  2. Menumbuhkan kultur dan jiwa bangga pada madrasah kepada para peserta didik baru untuk belajar bersama dan mencintai serta menjaga nama baik madarsah
  3. Menanamkan dan memperkuat nilai-nilai bela negara, moderasi beragama dan karakter bela negara kepada para peserta didik baru

Materi Matsama


Materi Matsama berupa Kemadrasahan (pengenalan lingkungan Madrasah dan Karakter moderasi beragama, Bela Negara dan Sejarah Perjuangan Bangsa, Seluruh rangkaian kegiatan Matsama bersifat edukatif, mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi. Sehingga mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para peserta didik baru. Sebagaimana tercantum dalam pedoman penyelenggaran pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan madrasah Bagi Peserta didik baru.

Kegiatan Matsama tidak lepas dari visi dan misi Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu: Mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga matang secara spiritual dan berkarakter keIndonesia-an.

Baca Juga: Syarat masuk jurusan bimbingan

Banyak hal yang disajikan pada kegiatan Matsama, misalnya perkenalan dengan personal madrasah, sesama peserta didik baru, perkenalan dengan peserta didik Kelas X/Fase F dan XI/Fase F, dengan guru serta karyawan. Berbagai kegiatan pengenalan tersebut semuanya tentu dilakukan melalui berbagai pendekatan yang menyenangkan, permainan ceria, kerja kelompok gembira, tampilan atraksi dari peserta didik berbakat tertentu. Jadi tidak benar jika Matsama itu disajikan dengan pendekatan yang mengandung pemaksaan apalagi kekerasan.

Uraian Yang Penting Dipahami Peserta Didik.


1. Visi dan Misi Madrasah


Visi adalah cara pandang bagaimana madrasah itu akan dibawa ke mana arahnya. Visi merupakan cita-cita atau idealisme madrasah dan menjadi target pencapaian dalam jangka menengah (kurang lebih 5 tahunan). Kalimat visi biasanya padat dan berisi, serta mengandung filosofi.

Sedangkan misi merupakan jabaran dari visi, bagaimana cara visi itu akan dicapai. Dengan demikian misi sifatnya lebih rinci bahwa madrasah akan menerapkan langkah- langkah operasional guna mencapai visi.

Program kerja madrasah adalah turunan dari misi madrasah, maksudnya adalah bahwa langkah-langkah misi yang masih berupa langkah dalam garis besar (global) dijabarkan dalam kalimat-kalimat rinci, sampai menyentuh semua aspek madrasah bahkan tidak ada sedikitpun urusan madrasah yang tidak dijamah dalam program kerja, lengkap dengan rencana waktu pelaksanaan dan biayanya.

2. Struktur Organisasi Madrasah


Struktur organisasi madrasah adalah pola pengelolaan dan kepemimpinan madrasah, antara lain dengan menggambarkan garis komando pelaksanaan kebijakan madrasah sekaligus tanggung jawabnya masing-masing.

3. Kurikulum


Saat ini kurikulum yang digunakan di Indonesia untuk tingkat Dasar dan menengah termasuk MA/MA Sebagian adalah 2013 (K-13) yang artinya kegiatan belajar mengajar lebih diarahkan pada kompetensi dasar yang dikembangkan dan sebagaian sudah mengunakan kurikulum merdeka belajar yang pada prinsip memberi kesempatan lebih banyak peserta didik dalam proses pembelajaran.

4. Fasilitas /Sarana Prasarana Madrasah


Fasilitas madrasah adalah semua sarana dan prasarana termasuk perkakas dan alat bantu yang tersedia di madrasah. Penyediaan fasilitas madrasah dimaksudkan untuk menciptakan kemudahan-kemudahan belajar, seperti lokasi ruang kelas, kepala madrasah / wakil kepala madrasah, kepala urusan (kurikulum, kepeserta didikan, humas, sarpras), Ruang BK, guru, tata usaha, perpustakaan, dan lain sebagainya.

5. Mengenal Personal Madrasah


Personal Madrasah adalah semua orang yang ditugasi untuk mengelola jalannya kegiatan dimadrasah, dari mulai kepala madrasah sampai dengan penjaga.

Baca Juga : Alur-capaian-layanan-bk-kurikulum-merdeka

Ada beberapa asas yang harus dipatuhi dalam kegiatan Matsama yaitu: menyenangkan, rileks, suka rela, meringankan.dan harus sesuai dengan Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang pengenalan Lingkungan madrasah Bagi Peserta didik Baru.

Demikianlah informasi terkait Matsama, semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done