Contoh Lembar Angket Kecerdasan Emosi Siswa - BK Madrasah
News Update
Loading...

15 November 2023

Contoh Lembar Angket Kecerdasan Emosi Siswa

Lembar Angket Kecerdasan Emosi Siswa dapat dipergunakan oleh guru, guru Bimbingan Konseling, maupun oleh peneliti yang ingin mencari tau atau sedang melaksanakan penelitian terkait kecerdasan emosi siswa.

kecerdasan emosi adalah kemampuan individu dalam menuntut diri untuk belajar mengakui serta menghargai perasaan diri sendiri dan orang lain serta menanggapinya dengan tepat, menerapkan dengan efektif energi emosi dalam kehidupan dan pekerjaan sehari hari, serta merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) serta kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain.

Contoh Lembar Angket Kecerdasan Emosi Siswa

Daniel Goleman, seorang psikolog lulusan Harvard University serta penulis buku Emotional Intelligence pernah mengatakan bahwa keberhasilan individu bukan karena faktor tingginya IQ, akan tetapi lebih kepada bagaimana seseorang tersebut dapat mengontrol serta memanajemen emosionalitasnya dengan baik. artinya, kesuksesan seseorang sangat bergantung pada kecerdasan emosinya.


Tidak terdapat satu pun alat ukur tes yang dapat digunakan untuk mengukur kecerdasan emosi seseorang secara tepat, akan tetapi ada banyak situasi dimana gejolak emosi yang dirasakan oleh seseorang itu dapat diukur. Pertanyaan-pertanyaan dalam Lembar Angket Kecerdasan Emosi Siswa berikut dapat dijadikan petunjuk dasar untuk mengukur kecerdasan emosi (EQ) yang siswa miliki.


Siswa perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam Lembar Angket Kecerdasan Emosi Siswa ini secara jujur dan terbuka, agar kecerdasan emosinya dapat diukur. Siswa dalam menjawab Angket Kecerdasan Emosi Siswa ini tidak perlu berfikir dua kali atau bahkan menebak-nebak jawaban. Namun, untuk menjawab soal-soal Angket Kecerdasan Emosi Siswa ini diperlukan spontanitas.

Download Lembar Angket Kecerdasan Emosi Siswa


Sebagaimana di uraikan diatas, bahwa Contoh Lembar Angket Kecerdasan Emosi Siswa ini dapat dipergunakan oleh guru Bimbingan Konseling (BK) atau peneliti yang ingin mengetahui serta mengukur tingkat kecerdasan emosional siswa atau objek yang diteliti.

Silahkan unduh Contoh Lembar Angket Kecerdasan Emosi Siswa dalam format word berikut: Unduh File.

Dalam angket Kecerdasan Emosi Siswa ini juga sudah dilengkapi dengan panduan penilaian hasil pengisian. Sehingga setelah siswa mengisi lembar angket kecerdasan emosi siswa, guru BK dapat melakukan penilaian dan pengukuran menggunakan panduan penilaian tersebut.

Angket Kecerdasan Emosi Siswa ini dapat di edit (tambah/hapus) serta disempurnakan agar dapat dimanfaatkan terutama dalam dunia pendidikan oleh guru bimbingan dan konseling (guru BK) atau konselor.

Demikianlah informasi tentang Contoh Lembar Angket Kecerdasan Emosi Siswa, semoga dapat memberikan manfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done