Mengenal Tes Psikologi Riasec dan Fungsinya Bagi Peserta Didik - BK Madrasah
News Update
Loading...

09 December 2023

Mengenal Tes Psikologi Riasec dan Fungsinya Bagi Peserta Didik

Sebelum membahas lebih jauh tentang Tes Psikologi Riasec dan fungsinya bagi peserta didik dalam layanan Bimbingan Konseling, sebelumnya kami telah menerbitkan artikel tentang Instrumen Pemetaan Minat Bakat Peserta DIdik menggunakan Riasec yang dapat dibaca disini.

Lalu apa itu Riasec dan fungsinya bagi peserta didik? Dan bagiamana Guru Bimbingan Konseling dapat memanfaatkan Tes Psikologi Riasec ini dalam layanan Bimbingan Konseling (BK) di sekolah? Simak ulasannya dalam artikel berikut.

Mengenal Tes Psikologi Riasec dan Fungsinya Bagi Peserta Didik

Pengertian Tes Psikologi RIASEC


Jadi, Tes Psikologi RIASEC merupakan akronim dari kata Realistic, Investigative, Artistic, Social dan Conventional. Tes Psikologi ini bertujuan untuk membantu peserta didik untuk mengetahui jenis karier yang sesuai dengan kepribadianya.

Sehingga Tes RIASEC berfungsi untuk mengetahui aspek psikologi peserta didik dalam ranah Realistis, Investigasi, Artistik, Sosial serta Konvensional. Dari hasil tersebut, guru BK akan dapat menentukan serta mengarahkan peserta didik memilih mata pelajaran yang sesuai dengan kepribadian mereka.

Fungsi Tes RIASEC dalam Bimbingan dan Konseling (BK)


Sebelum melaksanakan tes psikologi RIASEC, guru Bimbingan Konseling harus terlebih dahulu melaksanankan need asesmen atau analisis kebutuhan peserta didik, hasil dari need asesmen tersebut membutuhkan sitsem informasi untuk pengolahannya.

Terdapat beberapa manfaat tes psikologi RAISEC bagi layanan Bimbingan Konseling, salah satunya adalah untuk membantu peserta didik menetapkan mata pelajaran pilihan pada Kurikulum Merdeka.

Untuk menyelenggarakan tes psikologi RIASEC, guru BK tidak harus menggunakan jasa lembaga psikologi, karena tes ini direkomendasikan oleh Kemendikbudristek yang tertuang pada panduan pemilihan mata pelajaran pilihan SMA/SMK sederajat. Silahkan baca dan unduh panduan pemilihan mata pelajaran pilihan untuk peserta didik SMA/MA/SMK.

Dalam buku panduan pemilihan mata pelajaran pilihan tersebut terdapat panduan layanan bimbingan dan konseling yang diperlukan untuk menggali bakat, minat serta kemampuan peserta didik, salah satunya menggunakan metode RIASEC.

Agar guru Bimbingan dan Konseling (BK) madrasah dapat membimbing siswa dalam memilih mata pelajaran pilihan sesuai waktu yang telah ditetapkan oleh sekolah/madrasah yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka.

Apalagi pada sekolah/madrasah dengan jumlah rombel yang banyak. Sehingga untuk efektivitas layanan Bimbingan dan Konseling, tes psikologi RIASEC ini dapat dipergunakan oleh guru BK.

Sehingga guru BK dapat tertantang untuk menyelenggarakan bimbingan secara efektif dan efisien agar dapat mendistribusikan hasil minat bakat peserta didik tanpa membutuhkan waktu yang lama dan menggunakan jasa lembaga psikologi. Sehingga para peserta didik mendapatkan penempatan dan penyaluran yang tepat sesuai dengan minat dan bakatnya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done