Mata Pelajaran Pendukung Program Studi dalam SNBP 2023 - BK Madrasah
News Update
Loading...

26 December 2022

Mata Pelajaran Pendukung Program Studi dalam SNBP 2023

Mata Pelajaran Pendukung Program Studi dalam SNBP 2023 ditetapkan melalui Keputusan Mendikbudristek nomor 345/M/2022 tentang Mata Pelajaran pendukung program studi dalam seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP).

Mata pelajaran pendukung ini tidak semuanya merupakan mata pelajaran pilihan di Fase F SMA/MA, tetapi bisa juga dari mata pelajaran umum di Fase F tersebut.

Prestasi pada komponen ini ditetapkan oleh tiap-tiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN), sedangkan untuk portofolio sebagaimana dikhususkan untuk Program Studi (Prodi) Seni serta Olahraga, ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Mata Pelajaran Pendukung Program Studi dalam SNBP
Mata Pelajaran Pendukung Program Studi dalam SNBP

Sebagaimana diketahui bahwa pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), seleksi akan berfokus pada pemberian penghargaan tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah, meliputi prestasi akademik dan atau non-akademik.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 ini dilakukan berdasarkan 2 komponen, yaitu:

  • Pertama, prestasi yang dihitung berdasarkan rata-rata nilai raport seluruh mata pelajaran paling sedikit 5O% (lima puluh persen) dari bobot penilaian; dan
  • Kedua, prestasi yang dihitung berdasarkan nilai raport paling banyak 2 (dua) mata pelajaran pendukung Program Studi yang dituju, portofolio, dan atau prestasi paling banyak 50% dari bobot penilaian.

Komposisi persentase komponen pertama dan komponen kedua ditetapkan oleh masing masing PTN dengan total 100% (seratus persen).

Pemberian bobot minimal 50% untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran ini, diharapkan peserta didik terdorong untuk berprestasi di seluruh mata pelajaran secara holistik, sedangkan untuk pembobotan sisanya, maksimal 50% diambil dari komponen penggali minat bakat.

Baca Juga: Syarat Peserta, Materi, dan Tahapan SNBT-UTBK 2023

Hal tersebut bertujuan agar siswa terdorong untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya secara lebih mendalam. Untuk kesuksesan di masa mendatang, peserta didik perlu memiliki kompetensi yang holistik dan lintas disiplin.

Misalnya saja seorang pengacara harus punya ilmu dasar tentang hukum, tetapi juga harus memiliki ilmu komunikasi yang jadi pembeda.

Baca Juga: Contoh Formulir Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Kurikulum Merdeka

Oleh karena itu, peserta didik didorong untuk fokus pada keseluruhan pembelajaran serta menggali minat dan bakatnya sejak dini.

Peserta didik diharapkan menyadari bahwa semua mata pelajaran sangat penting dan mereka membangun prestasinya sesuai dengan minat dan bakatnya.

Download Mata Pelajaran Pendukung Program Studi dalam SNBP 2023


Mata Pelajaran Pendukung Program Studi dalam SNBP 2023 sebagaimana dimaksud, telah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan Nomor Keputusan 345/M/2022.

Oleh karena itu, guru BK perlu mempelajari terkait lampiran dalam Keputusan Mendikbudristek nomor 345/M/2022 tentang Mata Pelajaran pendukung program studi dalam seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP), silahkan unduh lampirannya disini.

Demikianlah informasi terkait Mata Pelajaran Pendukung Program Studi dalam SNBP 2023, semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done