Revisi Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan SMA/MA Kurikulum Merdeka - BK Madrasah
News Update
Loading...

30 December 2022

Revisi Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan SMA/MA Kurikulum Merdeka

Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan SMA/MA Kurikulum Merdeka merupakan revisi ke-7 setelah sebelumnya diterbitkan revisi yang keenam.

Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan sekiranya dapat memberikan inspirasi dan gambaran bagi sekolah/madrasah dalam penyelenggaraan pemilihan mata pelajaran pilihan dengan sebaik mungkin.

Sekolah/madrasah diharapkan dapat memfasilitasi pengembangan minat, bakat, dan kemampuan peserta didik sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.

Revisi Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan

Dalam pelaksanaan pemilihan mata pelajaran pilihan, diharapkan sekolah tidak hanya terpaku pada contoh yang didapat dari panduan ini saja, tetapi juga dapat melakukan adaptasi dan pengembangan sesuai situasi dan kondisi di madrasah.

Layanan Karier dalam Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Kurikulum Merdeka


Guru BK melaksanakan layanan bimbingan dan konseling karier untuk mengidentifikasi dan menumbuhkembangkan minat, bakat, dan kemampuan peserta didik melalui layanan dasar dan layanan responsif.

Ketika guru menjumpai siswa yang belum mantap dalam tahapan pemilihan mata pelajaran pilihan, maka dapat dilakukan konseling oleh guru BK atau konsultasi dengan wali kelas dan guru mata pelajaran.

Kemudian jika siswa telah yakin dengan pilihannya, mereka diperkenankan melakukan pemilihan mata pelajaran pilihan sesuai dengan mekanisme di sekolah/madrasah.

Peran Orang tua Dalam Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Kurikulum Merdeka


Peran orang tua dalam pendidikan anak sangatlah penting, orang tua menjadi tempat pertama bagi anak belajar tentang kehidupan termasuk dalam hal pendidikan.

Saat memasuki masa remaja, peran teman serta lingkungan di luar keluarga menjadi cenderung lebih dominan, termasuk dalam menentukan masa depannya. Kondisi tersebut tentunya memerlukan adanya komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, agar menghasilkan pilihan terbaik bagi anak dan juga keluarga.

Baca Juga: Daftar Mata Pelajaran Pendukung Dalam SNBP Tahun 2023

Sekolah perlu mendorong orang tua untuk ikut membantu peserta didik dalam pengambilan keputusan pilihan kariernya. Melalui bantuan layanan bimbingan dan konseling, diskusi pilihan karier, terutama pemilihan mata pelajaran pilihan dan rencana karier setelah SMA dapat dilakukan bersama peserta didik dengan orang tua.

Download Revisi Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan SMA/MA Kurikulum Merdeka


Bagi Bapak/Ibu guru Bimbingan Konseling (BK) yang membutuhkan Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan SMA/MA Kurikulum Merdeka revisi terbaru, silahkan unduh panduannya disini: Unduh File.

Baca Juga: Contoh Formulir Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Dalam Kurikulum Merdeka

Demikianlah informasi tentang Revisi Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan SMA/MA Kurikulum Merdeka, semoga dapat memberikan guna dan manfaat bagi guru dan wali kelas, khususnya guru Bimbingan Konseling (BK) atau Konselor.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done